• Posted by : Guppy Minggu, 23 Februari 2014


    Memang banyak cara merawat sugar glider yang dilakukan para pecinta dan breeder sugar glider. Kali ini, saya ingin memberikan tips dan trik cara merawat sugar glider yang dijamin beda dan lain dari cara biasa. Panduan lengkap merawat sugar glider ini saya susun berdasarkan pengalaman memelihara dan membreeding sugar glider. Berikut adalah tips dan trik cara merawat sugar glider:

    1. gunakan kandang yang memadai.
    sebaiknya kandang dibuat agak lebar dan tinggi karena sugar glider suka meloncat kesana kemari.

    2. pelihara minimal sepasang sugar glider.
    meski belum terbukti benar, namun dari literatur yang tersebar di internet banyak mengatakan bahwa sugar glider rentan stress jika dipelihara hanya seekor. sebaiknya pelihara minimal sepasang sugar glider dalam artikel cara merawat sugar glider poin kedua ini.

    3. satu kandang sebaiknya dihuni hanya oleh satu pejantan.
    anda boleh menempatkan satu atau lebih betina dalam satu kandang namun sangat tidak disarankan menempatkan lebih dari satu jantan di satu koloni sugar glider karena pada musim kawin, kadang dua sugar glider jantan akan bertarung sampai salahsatunya mati untuk mendapatkan betina.

    4. beri makan minimal 2 kali sehari, pagi dan malam.
    makanan sg bisa berupa buah-buahan, bubur bayi, madu, jangkrik, ulat hongkong dan lain-lain. pemberian serangga dapat membuat bau kotoran dan urin sg makin menyengat, jadi sebaiknya anda memberi serangga hanya dalam tempo satu minggu sekali. pemberian buah juga bisa anda berikan hanya untuk memperlancar pencernaan sg, jadi sebaiknya buah diberikan dalam jangka satu minggu sekali. untuk menu makan sehari-hari, anda bisa memberikan bubur bayi kepada sg anda.
    anda juga bisa memberikan sg anda madu sebagai penambah daya tahan. supplemen scott emulsion juga bisa diberikan dalam jangka waktu 2 minggu sekali.

    5. jangan mengajak sg betina yang sedang hamil atau IP

    hal ini untuk mencegah bayi sg lahir saat anda sedang main dengan induknya. hal ini tentu saja dapat mengakibatkan si bayi sg (joey) direject oleh induknya karena sudah anda pegang. jadi akan lebih baik jika anda tidak mengajak sg bermain saat sedang IP atau hamil.


    Artikel Terkait :

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • - Copyright © 2013 Cek Harga Hamster Kucing Ikan Sugarglider Anjing - K-ON!! - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -