• Posted by : Guppy Sabtu, 22 Februari 2014


    Feline Panleukopenia atau Distemper atau radang usus jahat, karena virus ini menyerang usus, sampai rusak. Penyakit ini merupakan penyakit umum pada hewan piaraan termasuk kucing dan anjing, namun tingkat penularan penyakit ini terhadap sesama binatang (kucing dengan kucing, atau anjing dengan anjing) sangat tinggi, dan dapat berakibat fatal. Diperkirakan sebesar 25 – 90 persen kucing yang terkena akan berakhir dengan kematian. Terutama jika menyerang anak kucing, atau kucing yang belum divaksinasi.

    Virus ini bisa menyebar melalui udara, makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi. Bila dalam satu rumah terdapat satu kucing yang terserang distemper, maka air liur, kotoran, kencing dan muntahnya mengandung virus, yang dapat dengan cepat menulari kucing lain yang sehat. Tanda-tanda awal kucing terkena distemper sangat membingungkan, yaitu kucing tidak mau makan. Padahal dalam beberapa kondisi pun kucing akan “berpuasa”.

    Akan tetapi, kucing yang terkena distemper akan segera memperlihatkan kelainan, seperti lesu berlebihan. Hal ini disebabkan oleh demam tinggi yang dialaminya. Kemudian muntah. Dan kemudian badan tampak kaku, yang disebabkan karena kerusakan usus akibat virus itu membuatnya kesakitan. Kadang-kadang disertai diare. Tanda-tanda lain, terutama bagi kucing yang masih dapat berjalan adalah dia akan mencari tempat dingin, seperti kamar mandi yang basah. Kucing itu akan tampak seperti ingin minum tapi tidak bisa minum. Atau minum, dan kemudian muntah lagi.


    Pencegahan, Vaksinasi panleukopenia sudah bisa diberikan pada kucing berumur 8-16 minggu dengan interval 4 minggu. Lalu dianjurkan dilakukan pengulangan vaksinasi satu tahun sekali. Pada kucing berumur 6 bulan atau lebih yang belum pernah divaksin, bisa langsung dilakukan, dan diulang satu tahun sekali. Bersihkan semua tempat, kain, tempat makan minum yang sekiranya terkontaminasi virus dengan cairan desinfektan untuk meminimalisir penularan pada kucing lain. Mintalah dokter hewan memberikan infus cairan elektrolit, jika anda mencurigai kucing anda terkena distemper. Pengobatan sekundernya adalah dengan memberikan antibiotika dan vitamin B Komplek.


    Artikel Terkait :

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • - Copyright © 2013 Cek Harga Hamster Kucing Ikan Sugarglider Anjing - K-ON!! - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -