• Posted by : Guppy Kamis, 28 November 2013

    Seni beladiri merupakan bagian dari kesejarahan dan kebudayaan suatu negara. Indonesia misalnya, memiliki seni beladiri yang terkenal yakni pencak silat. Pencak silat tersebut tak hanya digunakan untuk menjaga keselamatan diri dari serangan musuh, namun juga telah masuk dalam ranah hiburan dimana sering dipentaskan dalam berbagai acara penting semisal nikahan, sunatan dan lainnya.


    Begitu juga dengan Jepang yang tentunya memiliki seni beladiri yang telah memiliki sejarahnya sendiri. Pada mulanya, seni beladiri Jepang berasal dari tatkala kelas non-pejuang yang diusir dengan menggunakan senjata. Keterampilan seni beladiri Jepang ini kemudian dikembangkan menjadi kesenian modern yang hingga masih tetap dilestarikan. Jepang memiliki seni beladiri yang sangat beragam sehingga banyak melahirkan berbagai sekolah beladiri. Terkait dengan adanya Restorasi Meiji, seni beladiri Jepang kemudian bisa diklasifikasikan menjadi Koryu dan Gendai budo.
    Koryu merupakann seni beladiri yang mengacu pada gaya yang berasal pada awal terjadinya Restorasi Meiji. Koryu ini biasanya digunakan di medan-medan perang ketika menghadapi para musuh. Fokusnya berbeda dengan seni beladiri yang lainnya dimana penekanannya lebih kepada perbaikan mental, fisik, spiritual. Berdasarkan klasifikasinya, Koryu ini kemudian bisa dikategorikan menjadi:
    Sumo, yang merupakan olahraag di Jepang yang telah berkembang sejak abad ke-23 sebelum masehi dimana kala itu, sumo ini dimainkan di gelanggang atas dasar permintaan kaisar. Pertandingan sumo biasanya akan berlangsung sampai salah satu diantara mereka yang bertanding ada yang terluka parah. Dan biasanya wasit akan menghentikan ketika salah satunya menyerah atau dianggap tidak bisa lagi melanjutkan pertandingan.
    Jujitsu, dimana dalam keterampilan jujitsu ini tidak banyak menggunakan tenaga karena hanya mengandalkan kekuatan pukulan atau tendangan lawan. Dalam pertandingan jujitsu, kita tidak perlu mengeluarkan tenaga yang banyak karena hanya menghalau serangan lawan, atau kita menyerang dengan menggunakan tenaga lawan yang justru dijadikan senjata untuk menyerang kita.
    Karate, yang merupakan seni beladiri yang menggunakan tangan kosong dan kesenian ini berkembang di pulau Okinawa. Karate asal Jepang ini telah memiliki popularitas yang besar didunia karena kerap dipertunjukkan dalam film-film box office Asia maupun, seperti yang dimainkan oleh Bruce Lee.

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • - Copyright © 2013 Cek Harga Hamster Kucing Ikan Sugarglider Anjing - K-ON!! - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -