• Posted by : Guppy Rabu, 27 November 2013

    Aneka kuliner dan masakan khas cina – Masakan Cina adalah kuliner yang dihasilkan oleh penduduk Republik Rakyat Cina. Istilah masakan Cina di daratan Cina juga mengacu kepada variasi dari seluruh suku bangsa, agama dan tradisi yang berkembang di negara tersebut. Namun, masakan Cina yang diperkenalkan kepada banyak bangsa di dunia adalah masakan etnis Han (Tionghoa). Pengaruh masakan etnis Han ada di setiap kuliner negara-negara timur dan menyebar di luar komunitas-komunitasnya di seluruh dunia.
    Penyiapan masakan Cina untuk sehari-hari dapat singkat dan mudah, namun untuk acara formal bisa menjadi hidangan yang beragam dan meriah. Filosofi masakan Cina adalah makanan harus memuaskan selera dan melengkapi rasa, betapapun sederhana bahan-bahannya.
    Masakan Cina menggunakan bermacam-macam bahan, mulai dari rebung, akar bunga teratai, kastanya air (Eleocharis dulcis) sirip ikan hiu, sarang burung walet, daging kura-kura, lidah bebek, cakar beruang, lidah dan insang ikan, bunga lili, dan sebagainya. Hal ini membuat orang asing menganggap masakan Cina sebagai kuliner yang eksotis.
    Sebagian besar hidangan adalah campuran dari beberapa macam bahan. Daging dan sayur disajikan bersamaan. Bumbu dan perisa ditambahkan pada saat memasak.
    Sayur atau daging dipotong kecil-kecil untuk dapat dengan mudah dimakan dengan sumpit selain agar bumbu meresap lebih cepat, dapat mempersingkat waktu dan menghemat bahan bakar.
    Berikut ini info masakan dan makanan khas cina yang terkenal karena kelezatannya :
    • Beijing kaoya
    Beijing kaoya
    Beijing kaoya
    Adalah makanan khas Beijing yang wajib dicicipi, makanan piring ikonik yang akhirnya menjadi terkenal di seluruh dunia dan sangat disukai bahwa resep tetap sebagian besar tidak berubah dari waktu ke waktu.  Hal ini dianggap oleh beberapa orang menjadi salah satu resep paling lezat di dunia dan sebagian besar pengunjung ke ibukota China Beijing (sebelumnya peking). Pokoknya kalau belum coba yang satu ini belum serasa tinggal di Beijing deh!, tapi harganya yang relative mahal jadi disarankan kalau mau makan makanan yang satu ini lebih dri 2 orang bergerombol aja~.
    • Gongbao jiding
    Gongbao jiding
    Gongbao jiding
    Makanan asli Sichuan ini juga wajib dicicipi, rasanya yang pedas manis dan ayamnya yang kenyal yang juga lezat. Pedasnya makanan ini berbeda dengan pedasnya makanan khas Indonesia jadi jangan kaget pada saat mencicipi makanan ini.
    • Xihongshi chao jidan
    Xihongshi chao jidan
    Xihongshi chao jidan
    Makanan tradisional China yang paling mudah untuk di buat, rasanya manisnya tomat dan asinnya telur membuat saya ketagihan dan pernah mencoba membuat tapi rasanya tidak seenak makanan restoran, jadi saya sering pergi ke restoran di kampus saya hanya untuk mencicipi makanan yang satu ini.
    • Tudou si
    Tudou si
    Tudou si
    Makanan khas Utara China yang rasanya asam pedas yang agak mudah untuk dimasak sendiri. Rasanya cukup lezat.
    • Mapodoufu
    Mapodoufu
    Mapodoufu
    Makanan popular khas provinsi Sichuan. Adalah kombinasi dari tahu dan kacang yang dicampurkan dalam saus cabai dan kacang berbasis pedas dan sering di masaka dengan daging cingcang seperti daging sapi. Variasi dengan bahan lainnya seperti bawang, sayuran lainnya, jamur, kacang-kacangan.
    • Yang rou chuan
    Yang rou chuan
    Yang rou chuan
    Adalah makanan dari Hui (etnis Cina Muslim) dan muslim lainnya yang tinggal di cina. Sate Kambing ini dapat di temui hampir di semua restoran tentunya juga tersedia di restoran muslim.
    • Huoguo
    Huoguo
    Huoguo
    Terdiri dari makanan yang di didihkan langsung di panic logam yang biasanya di taruh di tengah meja makan. Makanan yang dididihkan terdiri dari sayuran, potongan daging sapi, ayam dll. Biasanya makanan ini sering di makan pada saat musim dingin.
    • Jiaozi
    Jiaozi
    Jiaozi
    Jiaozi atau siomay ini biasanya terdiri dari tambahan daging dan sayuran cincang yang di bungkus dengan kulit tipis adonan tepung bulat atau pembungkus yang kemudian disegel dan di lipit dengan tangan, Jenis- jenis isi jiaozi ini sangat banya termasuk daging kambing, sapi, makanan laut, ikan, kubis ayam, daun bawang China dll.
    • Baozi
    Baozi
    Baozi
    Adalah roti kukus, roti yang diisi dalam masakan China. Baozi ini sangat mirip dengan Mantou tradisional China tapi bedanya baozi dapat diisi dengan daging ataupun sayuran. Makanan ini digunakan sebagai alternatif untuk nasi dan mie. Biasanya dimakan sebagai sarapan pagi.
    • Chou Doufu
    Chou Doufu
    Chou Doufu
    Namanya yang aneh sesuai dengan baunya yang tidak sedap ini kebanyakan orang China tidak menyukai makanan yang satu ini tapi setelah saya coba sendiri baunya memang tidak sedap tapi rasanya enak. Chou doufu ini adalah tahu yang di fermentasikan sehingga menghasilkan bau yang tidak sedap dan warnanya pun hitam pekat.

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • - Copyright © 2013 Cek Harga Hamster Kucing Ikan Sugarglider Anjing - K-ON!! - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -