• Posted by : Guppy Jumat, 27 Desember 2013

    Simak ulasan mode multiplayer Call of Duty: Ghosts kali ini buat tahu serunya jadi prajurit Special Operations forces di lapangan.

    GAMEPLAY

    Kali ini mode multiplayer yang bisa lo mainin di Call of Duty: Ghosts lebih bervariasi. Hampir tiap mode permainan multiplayernya bisa mencakup gamer di tiap tingkatan. Mulai newbie sampai yang udah expert sekalipun gue rasa bakal punya mode multiplayer favorit masing-masing.
    Ada mode Deathmatch yang udah jadi tradisi hampir di semua game FPS, modeInfected juga udah bukan hal yang baru lagi dan pastinya lo familiar kalo pernah main seri-seri Call of Duty sebelumnya. Mode Search and Rescue dan Search and Destroyadalah mode yang hampir mirip cuman beda di objective yang diberikan. ModeCranked lumayan unik dan bikin tegang. Di mode ini gamer yang berhasil ngebunuh gamer dari tim lawan bakal punya batas waktu 30 detik buat ngelakuin kill streak yang berikutnya dan seterusnya. Kalo gagal maka player lo akan meledak. Seiring makin banyak player lawan yang lo bunuh, kemampuan player lo bakal makin meningkat dan lincah. Mode Kill Confirmed mungkin sedikit lebih spesifik dibanding mode perang seperti biasanya. Mode ini sedikit mengubah cara pandang bermain dimana lo (ngerasa wajib) kudu ngumpulin dog tag dari mayat musuh yang lo bunuh kalo pengen tim lo menang cepet. Buat yang suka mode wave-survival ada juga mode co-op bernama Extinction dimana lo bakal menyusuri level demi level sambil bertahan ngelawan gelombang serangan musuh alien bareng ketiga temen lo. Yah mirip-mirip Left 4 Dead lah.
    03_Call of Duty Ghosts MP - Squads
    Mode baru yang paling menarik buat gue adalah mode Squads. Mode ini fokus ke pengalaman bermain multiplayer yang cenderung lebih cocok ke gamer FPS hardcore yang sesekali pengen sedikit lebih kasual. Kelebihan mode ini adalah bisa nunjukin kalo mode multiplayer ngga melulu soal ngelawan gamer manusia lain secara online. Di mode ini lo bisa bikin pasukan berjumlah sampai 6 orang dimana kelimanya adalah AI yang siap bantuin lo bertempur di pertandingan multiplayer. Nantinya lo bisa nantang tim pasukan bikinan temen lo sekalipun temen lo lagi offline. Yang lebih seru lagi adalah lo bisa dapet multiplayer XP dan Squad points biarpun lo cuma ngelawan bot.
    Salah satu perbedaan yang paling mencolok dari seri mode multiplayer sebelumnya selain map yang lebih luas adalah kini beberapa area di map multiplayer bisa dihancurin dan hal ini berpengaruh ke pola permainan. Lo bisa nyoba berinteraksi dengan berbagai obyek di map buat bikin jalan pintas. Contohnya lo bisa nembak pohon sampai tumbang buat dijadiin jembatan, begitu juga dengan tangga darurat gedung yang bisa lo turunin dengan cara ditembak, atau nembak pintu pagar yang digembok biar kebuka. Beberapa map juga kerasa lebih dinamis dengan adanya map seperti Tremor dimana lo berperang di tengah guncangan gempa, serta ada juga beberapa obyek di sekitar map yang bisa lo ledakin dan gerakin.
    05_Call of Duty Ghosts MP - Female Soldier
    Yang terpenting lagi kini buat gamer FPS cewek terutama seri Call of Duty, udah bisa bikin karakter bergender cewek juga. Yah seengganya di medan perang lo ngga melulu nonton karakter kekar seliweran sambil gotong-gotong senjata kan.

    GRAPHIC

    06_Call of Duty Ghosts MP - Graphic
    Salah satu kekurangan yang dimiliki Call of Duty: Ghosts dalam hal kualitas grafis di current-gen console adalah engine yang digunakan dan tentunya batas kemampuan dari current-gen console itu sendiri. Mungkin sebagian dari kalian udah tahu kalo Call of Duty: Ghosts masih pake engine lama yang dipoles dikit disana-sini. Makanya ngga heran kalo ada yang bilang kualitas grafis Call of Duty: Ghosts hampir ngga ada bedanya dari seri-seri sebelumnya.
    Tapi bagi gamer veteran perang seperti kalian mungkin ngga terlalu ambil pusing soal grafis selama performa game bisa stabil tanpa terlalu banyak framerate drop, terutama ketika lagi seru-serunya main mode multiplayer.

    AUDIO

    Faktor suara mengambil peran penting dalam game FPS karena merupakan kunci terkait dengan kewaspadaan lo akan situasi sekitar. Selain sekedar darderdor doang, efek suara lain yang ditimbulkan prajurit ketika di lapangan sangatlah penting. Seperti ketika lo denger musuh bergerak, nembak, manjat, atau ketika lagi neriakin posisi musuh yang mereka lihat. Hal ini bisa nandain lokasi dan arah keberadaan mereka. Yang perlu diinget tentunya adalah hal ini berlaku buat siapapun termasuk lo.
    Untungnya bakal ada perk The Amplify dan Dead Silence yang bakal berpengaruh gede buat kemampuan mendengar atau didengar oleh player musuh. The Amplifybikin jarak jangkauan pendengaran lo jadi 2 kali lipat, sedangkan Dead Silencengurangin tingkat keberisikan suara yang lo buat hingga setengahnya.
    Efek jarak sumber suara dipengaruhi oleh beberapa faktor. Selain kualitas dari sound system yang lo pake di rumah tentunya, jumlah suara ambien yang terjadi di ruang bermain, dan jenis aktivitas karakter di dalam game tentunya.

    REPLAYABILITY

    08_Call of Duty Ghosts MP Replayability
    Mode multiplayer game FPS paling ngga ada habisnya kalo dibahas. Mulai dari jenis mode permainan multiplayer yang beragam, sistem leveling yang menantang, beragam map luas yang dinamis, serta banyaknya perk dan trophy/achievement yang bisa dikoleksi, nambah daftar nilai lebih buat nutupin skor gameplay mode campaign Call of Duty: Ghosts yang kurang bagus.
    Lo ngga begitu hebat main online lawan player manusia yang lain? Tenang. Ada mode Squads yang tetep siap nguji kemampuan lo ngelawan tim pasukan buatan player lain biarpun mereka lagi offline. Masih ngga suka main tanding online biarpun lawan AI sekalipun? Ada mode co-op buat bikin lo rame-rame main bareng temen disamping buat bantu lo grinding trophy/achievement juga.
    Biarpun seri Call of Duty selalu ngulang rumus yang sama dan gameplaynya terkesan gini lagi gini lagi, tapi dengan rumus yang sama juga polesan yang ningkatin kualitas multiplayer sedikit demi sedikit ini justru jadi keuntungan gamer. Lo tetep masih familiar dengan nuansa seri Call of Duty tapi tetep bisa sedikit dapet angin segar dengan adanya polesan-polesan baru didalamnya.
    Terlepas dari lo adalah seorang Call of Duty haters, Call of Duty: Ghosts adalah game FPS yang wajib lo coba kalo lo emang gamer pecinta FPS. Abaikan mode campaign yang klise dan tenggelamlah di serunya mode multiplayer. Overall kalo skor mode campaign & multiplayer digabung, Call of Duty: Ghosts dapet rating rata-rata 7.0This game is worth a try.

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • - Copyright © 2013 Cek Harga Hamster Kucing Ikan Sugarglider Anjing - K-ON!! - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -