• Posted by : Guppy Rabu, 18 Desember 2013


    Rambut mudah sekali terlihat. Maklum, letaknya di bagian paling atas. Berkat rambut, wajah akan terlihat semakin rupawan. Tanpanya, kulit kepala akan kedinginan atau kepanasan.


    1. Helai rambut kita sangat kuat, sekuat helai kawat besi. Helai rambut akan terputus jika tertekan beban sekuat 60 kilogram.
    2. Jumlah helai rambut seseorang yang warnanya pirang umumnya lebih banyak daripada seseorang yang warna rambutnya hitam atau kemerahan.
    3. Ketebalan tiap helai rambut sekitar 0,02-0,04 milimeter. Dengan demikian, dibutuhkan sekitar 25-50 helai rambut untuk membuat ketebalannya menjadi satu milimeter.
    4. Dalam keadaan normal, seseorang akan mengalami kerontokan rambut sekitar 40-100 helai perhari.
    5. Jumlah helai rambut yang tumbuh di kepala ada sekitar 100.000 helai.
    6. Rambut mempunyai warna dan bentuk yang bermacam-macam. Ada rambut hitam pekat, kemerahan, pirang. Ada rambut yang lurus, keriting, ikal, atau bergelombang. Penyebabnya adalah manusia memiliki genetika dan latar belakang yang berbeda-beda. Iklim wilayah pun juga berbeda. Misalnya, orang dari negara-negara Afrika, helai rambut mereka kebanyakan keriting, sedang Eropa, bentuk rambut mereka banyak yang tidak keriting.
    7. Orang yang tinggal di wilayah yang beriklim panas, misalnya di pantai, warna rambut mereka umumnya akan cenderung kemerahan dibandingkan mereka yang tinggal di pegunungan.
    8. Tiap helai rambut yang tumbuh di pori-pori kepala melewati tiga fase. Pertama, fase anagen, yaitu ketika helai rambut terus tumbuh atau bertambah panjang. Fase ini berlangsung sekitar tiga hingga lima tahun. Kedua, fase katagen, yaitu saat helai rambut mulai melambat pertumbuhannya. Fase ini berlangsung tiga hingga empat minggu. Terakhir, fase telogen, yaitu fase ketika helai rambut terlepas dari kulit kepala. Fase ini berlangsung tiga hingga empat bulan.

      Setelah ketiga fase itu dilewati, akan ada helai rambut baru yang tumbuh di pori yang sama di kepala kita. Ketiga fase tersebut dapat terjadi berulang kali, sampai 25 kali.
    9. Dalam waktu satu bulan, tiap helai rambut bisa bertambah panjang sekitar 12 milimeter. Jika tidak pernah dipotong, panjang tiap helai rambut bisa mencapai lebih dari 110 cm.

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • - Copyright © 2013 Cek Harga Hamster Kucing Ikan Sugarglider Anjing - K-ON!! - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -