• Posted by : Guppy Selasa, 29 Oktober 2013

    haloo guys! jumpa lagi di blog yang super kece ini hehe. blog yang dari kemarin bahas tentang hewan khususnya burung ya kemarin. oke kali ini aku mau share tentang HAMSTER. siapa yang gak tau hamster sih? hewan lucu, imut, unyu dan bikin gemes ini pasti pada tau semua kan? 

    Hamster ini perawatannya harus bener loh, mulai dari kandang, makanan, kebersihan dan lain sebagainnya. Kali ini aku bakal share tentang makanan hamster nih, ada makanan yang boleh di konsumsi dan ada yang harus dihindari. yuuuk simak penjelasan berikut : 

    Makanan yang harus dihindari hamster

    • Segala Jenis Sayuran Daun

    Beberapa jenis sayur-sayuran, terutama sayuran berdaun tidak baik diberikan berlebihan kepada hamster. Hamster dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi berbagi jenis sayuran berdaun, terutama sayuran berdaun putih. Sawi dapat menyebabkan kelemahan pada tulang punggung.


     Beberapa jenis sayuran yang bergetah, seperti kangkung, dapat menyebabkan mulas. Pemberian sayuran secara berlebih dapat menyebabkan hamster terlalu sering buang air besar, bahkan mencret. Gejala ini dapat diketahui dari pantat hamster yang selalu basah. Jika hamster mengalami mencret, hentikan pemberian sayuran (termasuk wortel) dan ganti dengan biji-bijian atau konsentrat. Kebutuhan akan air juga meningkat pada saat hamster mengalami diare.



    • Ikan Asin dan Masakan Bergaram Lainnya

    Ikan asin dan masakan yang mengandung garam lainnya tidak boleh diberikan kepada hamster. Pemberian pakan jenis ini pada hamster dapat mengakibatkan bulu hamster rontok.




    • Coklat dan Permen

    Coklat dan permen adalah makanan berbahaya bagi hamster. Coklat sendiri bersifat racun bagi hamster. Sedang pada permen, seringkali mengandung zat-zat kimia yang memang tidak pernah ada dalam makanan hamster. Selain itu, kandungan gula pada keduanya tidak baik bagi kesehatan hamster.



    • Makanan Instant Pabrikan

    Makanan instant baik berupa snack, mie, atau apapun bentuknya dengan berbagai merek yang dijual di pasaran, tidak boleh diberikan kepada hamster. Serinkali makanan ini mengandung zat kimia sebagai bahan pewarna dan pengawet yang tidak dapat ditoleransi hamster. Dalam jumlah berlebih, zat kimia ini dapat menyebabkan tumor, kanker, dan gangguan kehamilan. Selain itu, makanan instant hampir dapat dipastikan mengandung garam, sehingga dapat menyebabkan kerontokan bulu pada hamster.





    Makanan yang baik untuk hamster

    Kacang Kedelai


    Kacang kedelai adalah biji-bijian yang kaya protein. Pemberian kacang kedelai baik diberikan kepada hamster supaya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Selain itu, kacang kedelai kering baik untuk mengasah gigi hamster karena keras. Perlu diketahui bahawa gigi hasmter terus tumbuh dan perlu diasah agar tidak terlalu panjang.




    Taoge

    Taoge adalah kecambah dari kacang hijau. Taoge cukup diberikan sedikit saja setiap minggunya. Taoge mengandung banyak sekali vitamin K yang baik untuk menjaga kesuburan hamster.





    Beras Merah
    Beras merah banyak mengandung karbohidrat. Karbohidrat diperlukan sebagai sumber energi untuk melakukan berbagai aktifitas. Jika hamster kekurangan karbohidrat, Kebutuhan energinya akan diambil dari lemak, sehingga lama kelamaan hamster dapat menjadi kurus. Beras merah juga baik untuk perkembangan otak.



    Padi/Gabah
    Gabah seperti halnya beras adalah sumber karbohidrat yang utama. Pemberian gabah yang cukup akan memastikan kebutuhan energi hamster akan terpenuhi. Selain itu, pemberian dalam bentuk gabah, memastikan hamster memakan kulit ari gabah, yang kaya akan pro-vitamin D.




    Oke mungkin sekian dulu posting dari aku kali ini, sekarang udah tau kan mana makanan yang baik untuk hamster atau tidak? nah, mulai sekarang rawat dengan baik ya hamsternya, dan jangan lupa beri asupan makanan yang bergizi biar hamsternya sehat dan gemuk gemuk hihi.



    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • - Copyright © 2013 Cek Harga Hamster Kucing Ikan Sugarglider Anjing - K-ON!! - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -