• Posted by : Guppy Selasa, 27 Mei 2014

    Subtract
    Ada banyak pilihan untuk substrat yang dapat digunakan dengan lebih aman, lebih higienis dan lebih mudah untuk perawatan daripada yang lain. Ketika memilih substrat kamu dapat memilih substrat non-partikel atau substrat partikel.

    Substrat non-partikel seperti kertas, koran, dan karpet reptil adalah pilihan yang lebih aman yang tidak memiliki risiko impaction tetapi tidak memberikan tingkat kelembaban yang tepat yang soa payung butuhkan.

    substrat partikel yang cocok untuk soa payung dapat berupa pasir malang, pakis (substrat tanaman), cocopeat, cocochip, reptilbark, dan tanah organik.

    substrat terbaik untuk soa payung baby adalah substrat non-partikel untuk mengurangi risiko impaction.
    soa payung dapat dipindahkan ke substrat partikel sekitar usia satu tahun.

    ** Hindari menggunakan ubin untuk frilles. Karena kandang mereka yang didesain tinggi, risiko cedera jika mereka jatuh jauh lebih besar.

    Kandang

    Karena soa payung adalah hewan arboreal (menghabiskan hidup di pohon2), kamu harus menyediakan kandang tinggi. soa payung baby harus ditempatkan di 29 gallon tank. soa payung dewasa harus ditempatkan minimal 75 cm X 50 cm X 100 cm. suhu kandang antara 24-29 derajat celcius, dan untuk suhu basking spot 35 derajat celcius.


    peralatan suhu tambahan:


    UVB LIGHTING SUGGESTIONS:

    Florescent Tube NOT Compacts or Coils
    ·ZooMed Repti Sun 10.0 (Currently the best on the market in the U.S.)
    ·Reptile One 10% (Available in Australia and New Zealand)
    ·Arcadia 12% (Available in the UK and Australia and New Zealand and now the US!)

    Mercury Vapor Bulbs *
    ·Zoo Med Powersun
    ·T-rex Active UV

    *MVB’s produce UVB rays as well as heat although you still may need a secondary heat light to reach desired temperatures.



    kandang juga harus dilengkapi dengan banyak tanaman, bisa memakai tanaman sintetis, maupun tanaman asli. disarankan untuk memberikan basking spot juga. dapat juga ditambahkan batu-batuan dan dinding untuk dekorasi.


    contoh kandang:


    menempatkan beberapa soa payung dalam satu kandang dimungkinkan meskipun tidak selalu dianjurkan. soa payung betina dapat ditempatkan dalam satu kandang tetapi jangan menempatkan 2 (atau bahkan lebih) soa payung jantan dalam satu kandang. kamu boleh saja menempatkan soa payung jantan dan betina dalam satu kandang, tetapi pastikan bahwa keduanya tidak terus-menerus berkembang biak atau berkembang biak terlalu muda karena dapat menyebabkan risiko kematian. dan jangan lupa, jika menempatkan 2 ekor soa payung dalam satu kandang, pastikan bahwa ukuran kandang cukup untuk keduanya (disarankan berukuran 2x lipat lebih besar). kamu juga menghadapi risiko si naga menjadi teritorial dan saling berkelahi untuk dominasi (terlepas dari jenis kelamin) yang dapat menyebabkan cedera atau kematian. Risiko lain adalah, jika salah satu naga terjangkit penyakit, penularan ke naga yang lain akan lebih cepat terjadi. jadi, ada baiknya menempatkan hanya satu naga dalam satu kandang.

    perlengkapan kandang yang penting lainnya adalah alat untuk mencegah soa payung kamu dehidrasi. kamu dapat menggunakan water dish, tetapi jaga agar air di dalamnya tetap bersih dan segar. bisa dengan menggantinya tiap hari.
    misting juga dapat digunakan, untuk menjaga kelembaban karena kelembaban merupakan faktor penting dalam pemeliharaan.
    cara lain dengan merendam soa payungmu di air yang suhunya kira2 setara dengan suhu soa mu, tidak begitu panas dan tidak begitu dingin. cara ini membantu si naga dalam shedding, sekaligus untuk melatih mental si naga.

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • - Copyright © 2013 Cek Harga Hamster Kucing Ikan Sugarglider Anjing - K-ON!! - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -