• Posted by : Guppy Minggu, 03 Juni 2012


    Hal awal yg terpenting saat memelihara hamster ialah MAKAN, MINUM, dan BEDDING!!!

    1. Memberi makan hamster, cukup setengah sendok teh untuk 1 pasang tiap kali memberi dan 1 sendok teh untuk yg memiliki anak. Diusahakan sewaktu melakukan pemberian makanan, di pastikan hamster tidak dalam kondisi tidur. Dan apabila tertidur, usahakan di bangunkan. Pemberian makanan dilakukan minimal 2x sehari dan biasanya 4x sehari. Dan bagi yang memiliki baby pemberian makanan dilakukan setiap 2 jam dengan kadar pemberian makan sangat sedikit. Itu bertujuan agar induk bisa mengajarkan anak-anaknya makan.



    2. Menge-check air minum. Air minum di-check ketika memberi makan. Penge-checkan dilakukan cukup dengan mengoyang botol. Apabila hamster terlihat langsung minum dengan sangat antusias(sangat sangat haus) itu tandanya botol ada masalah. Coba di buka botolnya, biasanya ada bulu atau sampah yang masuk kedalam botol atau pipe botol itu.

    3. Pembersihan sarang atau kandang atau bedding (alas tidur) dilakukan 2-14hari sekali. Pembersihan dilakukan ketika kandang tidak nyaman lagi baunya atau ketika basah, segeralah di ganti karna akan merusak keindahan bulu si hamster dan akan mengundang penyakit bagi si hamster, dan tidak menutup kemungkinan apa bila ini tidak di bersihi dapat mengundang lalat hijau yg pastinya membawa banyak kuman penyakit(sekali lagi di jelaskan, hamster tidak menbawa penyakit, namun penyakit datang dari kondisi pemiliharaan yg buruk). Pembersihan dapat dilakukan sebagian saja(setengah2) dan dapat dilakukan seluruhnya. Apabila lagi si hamster memiliki baby maka di harapkan untuk tidak menganti sarang secara seluruhnya karna itu akan membuat si hamster kebinggungan alias menganggu penciuman si hamster. Dan serbuk yg digunakan diharapkan serbuk halus dan bukan serbuk kasar atau tajam(serbuk kayu keras seperti bulian dll). Cara mengetesnya sangat mudah, cukup menggenggam serbuk itu, apabila gatal atau sakit di tangan, makan serbuk itu tidak layak diberikan kepada si hamster.




    Artikel Terkait :

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • - Copyright © 2013 Cek Harga Hamster Kucing Ikan Sugarglider Anjing - K-ON!! - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -