• Posted by : Guppy Selasa, 04 Maret 2014


    PENGOBATAN INDUK
    Setelah bayi kuda lahir, untuk pengobatan luka indukan, maka suntikkan Antibiotik pada induk kuda. Untuk suntikan antibiotik atau pinisilin terhadap indukan, sebaiknya atas petunjuk dokter hewan karena tidak semua kuda dan anak kuda bisa menerima pinisilin. Ada anak kuda yang alergi terhadap pinisilin yang mengalir lewat susu induknya. Sedangkan untuk vitamin B complek atau Biosolamine 10 ml untuk satu kali suntik. Dan dapat diulang hari berikutnya. Induk akan segera pulih kembali tenaganya seperti semula.

    Catatan:
    Bila anda belum berpengalaman melakukan penyuntikan, mintalah bantuan dokter hewan di daerah anda atau perawat kuda mahir yang anda kenal. Jagalah selalu peralatan suntik anda selalu steril, bila tidak steril akan berakibat kuda anda terkena infeksi dan pembengkakan disekitar luka jarum suntik tersebut (abses). Untuk ransum kuda, berikan makanan alami “komboran rumput dengan bekatul padi” selama 7 hari dan hindari/kurangi bren maupun jagung.

    Anak kuda yang baru lahir akan terus tinggal didalam kandang selama 14 hari, sampai kuda betul-betul kuat untuk berada di luar kandang (pad dock). Bila umur sudah 14 hari, keluarkan induk dan anak untuk bebas di pad dock selama 3 jam dari jam 06.0 s/d 09.00 pagi. Masukkan induk dan anaknya kembali kekandang setelah itu.

    BILA INDUK TAK MAU MENYUSUI
    Dibawah ini cara yang tidak direkomendasi namun praktis dilakukan bila indukan tidak mau menyusui. Saya mencoba setelah 12 jam induk melahirkan anak dan induk tidak mau menyusui dan anak sudah kelelahan mengejar induknya. Sebenarnya beresiko namun harus dilakukan untuk menyelamatkan jiwa sang anak. Bagimanapun juga anak kuda harus menyusu induknya untuk mempertahankan hidupnya. Amatilah penyebab induk tak mau menyusui. Biasanya karena merasa “geli” bila susunya disentuh anaknya. Kalau ini yang terjadi maka lakukan
    1. Pasang kendali dan “splang” kuda induk didalam kandang.
    2. Jauhkan anak kuda sehingga tidak terkena tendangan induk saat meronta.
    3. Pakailah sarung tangan karet, paksakan dengan jari anda dengan menyentuh bagian perut yang dia merasa “geli” saat tersentuh anak kuda. Bagian depan susu.
    4. Bila bagian yang “peka” sudah anda temukan, “gelitik” lah terus menerus. Induk kuda akan melompat-lompat dan meronta. Lakukan sampai kuda kelelahan dan tidak melompat lagi.
    5. Bersihkan punting susu dengan air hangat, dan kemudian perahlah susunya perlahan-lahan. Tampunglah air susu pada tempat yang bersih dan agak lebar untuk nanti diberikan kepada anaknya.
    7. Lepaskan indukan seperti semula.
    8. Amatilah apakah induk kuda sudah mau menyusui anaknya?
    9. Susu perahan yang dihasilkan biasanya sedikit kotor, saringlah dengan kain lembut atau alat saringan yang masih baik dan bersih serta steril. Kemudian berikanlah susu pertama ini kepada anaknya dengan mempergunakan “dot” yang sudah ada.

    10. Setelah 1 jam berikutnya anak kuda akan bangun dan mencari susu induknya lagi. Amatilah apakah indukan sudah mau menyusui? Kalau belum lakukan lagi teknik “gelitik” diatas sekali lagi. Kemudian dilanjutkan dengan mendekatkan anak kuda kepada punting susu dan biarkan dia menyusu dengan bantuan kita. Induk kuda tetap dalam posisi terikat. Bila induk kuda sudah tidak meronta saat anak menyusu, maka kuda dilepas lagi.


    Artikel Terkait :

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • - Copyright © 2013 Cek Harga Hamster Kucing Ikan Sugarglider Anjing - K-ON!! - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -