• Posted by : Guppy Selasa, 04 Maret 2014


    PERAWATAN KUDA BUNTING
    Bagi banyak penggemar kuda, tidak banyak yang memiliki pengetahuan dan pengalaman bagaimana merawat kuda bunting, menangani kelahiran kuda maupun merawat bayi kuda. Sehingga saat dihadapkan pada persoalan sekitar perawatan kuda bunting, kelahiran, dan anak kuda, maka banyak hal yang tidak dimengerti sehingga mengakibatkan hal-hal yang tidak diharapkan misalnya: keguguran, anak kuda sakit bahkan mati, dll.

    MENDETEKSI KUDA BUNTING ATAU TIDAK.
    Bagi pemula kadang tidak tahu sama sekali kalau si kuda dalam kondisi sedang bunting muda. Bahkan karena ketidak tahuannya tersebut sering kita lihat kuda bunting dilarikan dalam pacuan. Untuk itu cara-cara sederhana untuk mendeteksi kuda bunting harus dipahami oleh setiap pemilik kuda maupun pelatih dan perawat kuda. Cara sederhana yaitu dengan mendeteksi apakah kuda betina itu mengalami “beger” pada siklus waktu yang sudah diprediksi sebelumnya (Lihat posting FSI tentang “Mendeteksi Masa “Subur” Atau “Beger” Kuda Betina”.) Pengamatan kuda betina bunting juga dilakukan lewat pengamatan fisik si kuda betina tersebut. Seekor kuda betina yang bunting muda (sebelum 5 bulan) akan sulit dibedakan apakah kuda itu memang sedang bunting atau “gemuk”. Kuda betina bunting muda sebenarnya bisa dilihat dari perubahan bentuk tubuh dibagian perut, juga warna bulunya yang cenderung lebih “mengkilat”. Juga napsu makan yang lebih besar ketimbang saat sebelum bunting. Dia juga sangat tidak senang didekati oleh kuda jantan. Biasanya akan “menjerit” dan “menggigit” kuda jantan yang mendekati.

    Perbedaan kuda bunting dan gemuk terdapat pada sisi bawah perut. Kuda bunting bagian bawah perutnya akan membesar. Sedangkan kuda gemuk cenderung pembesaran perut kearah samping. Juga kadang terjadi pembesaran pada punting susu bila kuda sedang hamil, sedangkan pada kuda gemuk tidak terjadi. Kalau anda ragu lebih baik minta bantuan seorang dokter ahli kuda yang anda kenal untuk memastikannya. Bila kuda anda memang betul-betul bunting, maka perawatan kuda bunting yang baik akan mengurangi resiko kelahiran si anak nanti. Perawatan itu meliputi: rangsum makanan, vitamin, latihan dan kebersihan kandang.

    Rangsum Makanan
    Semula saya berpikir begitu kuda hamil maka otomatis kuda akan makan dengan jumlah yang lebih dibandingkan sebelumnya. Oleh karena itu kita berikan makanan ektra. Ternyata dengan memberikan jumlah makanan ektra justru akan menaikkan resiko kuda mengalami kegemukan dan keguguran. Pemberian makanan lebih baik “pas” tidak “lebih” tidak “kurang.” (baca link “Kesehatan Kuda”.) Memperbesar anak kuda lebih baik setelah anak kuda lahir bukan saat berada di dalam kandungan. Kandungan yang berukuran besar juga beresiko bagi induk, apalagi induk muda yang belum pernah melahirkan anak.

    Pemberian kalsium secara rutine dengan takaran yang benar juga sangat penting untuk membantu pertumbuhan anak dan memberikan ketahan tubuh yang lebih baik buat induk. Makanan pokok kuda seperti rumput yang alami ditambah biji-bijian seperti jagung dan kacang hijau akan lebih baik. Pemberian vitamin sesuai dengan rekomendasi dokter hewan anda akan juga bisa dilakukan.

    PERAWATAN

    Kuda bunting perlu gerak dan jalan yang cukup untuk memelihara otot dan stamina tubuhnya. Oleh karena itu perlu dibebaskan bergerak di “lahan pelepasan” yang cukup. Bila pad dock pelepasan tidak ada, maka kuda dibawa berjalan-jalan atau “stap” dengan jarak yang cukup setiap pagi dan sore. Perawatan kebersihan kuda juga perlu dilakukan, terutama sekitar puting susu. Bagi kuda yang belum berpengalaman melahirkan ada kalanya perlu dilakukan pelatihan menyusui dengan menyentuh-nyentuhkan jari kita ke puting susu si kuda agar kelak saat anak kuda sudah lahir kuda tidak merasakan aneh bila puting susunya tersentuh.


    Artikel Terkait :

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • - Copyright © 2013 Cek Harga Hamster Kucing Ikan Sugarglider Anjing - K-ON!! - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -