• Posted by : Guppy Selasa, 04 Maret 2014


    Ada beberapa istilah dalam bahasa Inggris yang perlu dimengerti oleh orang kuda. Selain istilah anatomi kuda yang banyak anda ketemukan di beberapa buku referensi, istilah-istilah berikut mungkin bisa membantu anda mengerti dan memahami buku-buku berbahasa Inggris tentang kuda. Namun juga harus dipahami bahwa dalam bahasa Inggris banyak terdapat kata-kata yang bersifat “slang” atau kata yang hanya terdapat didaerah tertentu (logat). Maka untuk itu istilah ini mungkin tepat hanya pada lingkungan atau daerah yang terbatas. Contohnya di Inggris Raya, ada perbedaan istilah colt, kuda pacu kelamin jantan dibawah 5 tahun semua disebut colt. Demikian pula istilah filly untuk kuda betina dibawah 5 tahun. Di Amerika juga ada perbedaan semacam itu.

    Colt : Anak kuda jantan berusia antara 1 s/d 2 tahun. Banyak orang menyebut anak kuda dengan colt , padahal colt hanya mengacu kepada anak kuda berkelamin jantan saja.
    Foal : Anak kuda baik jantan atau betina yang berumur dibawah 1 tahun
    Filly : Kuda betina umur dibawah 4 tahun
    Stallion : Kuda jantan yang tidak dikebiri berumur diatas 4 tahun
    Mare : Kuda betina berumur diatas 4 tahun
    Gelding : kuda jantan berumur diatas 4 tahun yang sudah dikebiri
    Yearling : Anak kuda yang berumur antara 1 s/d 2 tahun.
    Thoroughbred Horse: satu jenis RAS kuda yang dikembangkan sejak tahun 1600 khusus untuk RACE atau pacuan. Dikembangkan pertama kali di Inggris dari 3 ekor kuda yaitu Byerly Turk, Darley Arabian dan Godolphin Arabian. Berpostur tinggi, ringan dan kecepatan tinggi. Dikembangkan dari persilangan kuda arab dan kuda Turki dan sekarang sudah berkembang ke seluruh dunia.

    Kuda Arab (Arabian Horse): satu jenis RAS kuda yang berasal dari daerah Arab, dipelihara orang untuk berbagai keperluan. Karena posturnya yang tinggi, performance yang istimewa, ketahanan tubuh (endurance), kecerdasannya, spirit maka kuda arab dipakai juga untuk berperang. Menjadi peliharaan orang-orang suku pengembara Baduwi di daerah padang pasir Arab. Kuda arab banyak dipakai untuk persilangan kuda RAS lain, bertujuan untuk meningkatkan kualitas (grading up). Byerly Turk, Darley Arabian dan Godolphin Arabian adalah moyangnya kuda Throurougbred.


    Artikel Terkait :

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • - Copyright © 2013 Cek Harga Hamster Kucing Ikan Sugarglider Anjing - K-ON!! - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -