• Posted by : Guppy Senin, 17 Maret 2014

    Cucut tokek atau cucut kembang, Stegostoma fasciatum, adalah sejenis hiu yang gemar berdiam di dasar laut; satu-satunya spesies yang masuk ke dalam suku Stegostomatidae dan marga Stegostoma. Aktif di malam hari (nokturnal), cucut yang tidak berbahaya ini menyebar luas di perairan Indo-Pasifik, mulai dari pantai timur Afrika hingga Nusantara dan Pasifik barat.
    Hewan yang muda, dengan panjang kurang dari 90 sentimeter (35 in), biasa berwarna belang-belang seperti zebra, sehingga ada yang menyebutnya sebagai hiu zebra (Ingg.: Zebra Shark). Namun cucut dewasa memiliki pola warna yang jauh berbeda; garis-garis tersebut berubah menjadi totol-totol seperti cheetah. Di wilayah Australia, karenanya, cucut ini juga dinamai Leopard Shark[2]; nama yang di region Pasifik timur Amerika Utara disematkan bagi hiu jenis lain, Triakis semifasciata. Para nelayan di Indonesia barat mengenalnya sebagai cucut tokek atau cucut kembang[3], mungkin karena totol-totolnya mengingatkan pada pola warna tokek atau bunga tertentu.

    Cucut Tokek
    Leopard shark.jpg
    Status konservasi
    Klasifikasi ilmiah
    Kerajaan:Animalia
    Filum:Chordata
    Kelas:Chondrichthyes
    Upakelas:Elasmobranchii
    Ordo:Orectolobiformes
    Famili:Stegostomatidae
    Gill, 1862
    Genus:Stegostoma
    Müller & Henle, 1837
    Spesies:S. fasciatum
    Nama binomial
    Stegostoma fasciatum
    (Hermann, 1783)
    Wilayah sebaran (biru)

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • - Copyright © 2013 Cek Harga Hamster Kucing Ikan Sugarglider Anjing - K-ON!! - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -