• Posted by : Guppy Senin, 17 Maret 2014

    Saya tidak pernah tau sebelumnya kalau orang Belanda pun mempunyai kebiasaan menyatap ikan mentah, yang saya tau penyantap ikan mentah biasa dilakukan hanya oleh orang Jepang dan Korea tapi sekarang saya menjadi bertambah pengetahuan karena ternyata orang Belanda juga mempunyai budaya makan ikan mentah tersebut yang disebut ikan Haring. Walaupun sekarang banyak juga orang yang menyukai makanan Jepang seperti Susi dan Sasismi tapi kalau dilihat ratingnya masih dalam kategori tertentu yang bisa makan ikan mentah ala jepang selebihnya mereka masuk restoran jepang memesan makan yang dimasak saja.
    Kebiasaan menyantap ikan mentah di Belanda memang tidak sepanjang  tahun seperti kebiasaan orang Jepang atau Korea karena memang ikan Haring itu ikan musiman yang bisa dipanen mulai bulan Mei sampai Juli selambatnya Agustus setelah  bulan itu lewat mungkin saja masih bisa didapat tapi tidak bisa dipastikan ikan tersebut masih segar atau baru dari laut. Saya sempat ngeri juga ketika harus mencoba mencicipi bagaimana rasanya ikan Haring tersebut, kemudian setelah mencobanya ternyata rasanya sangat lezat walaupun rupanya tidak semenarik ikan tuna atau Salmon dan oister yang biasa saya makan di restoran atau hotel-hotel.
    File:Broodje Haring.jpegHaring plus brotjes (roti)
    Kebiasaan orang Belanda makan ikan mentah (Haring) biasanya dikombinsaikan dengan bawang bombai yang diiris tipis atau dimasukkan ke roti putih atau brodjte yang kemudian dimakan langsung tanpa tambahan apa-apa lagi. Harga Ikan Haring tersebut termasuk fantastik mahal karena seekor ikan haring bisa kena harga satu euro lebih dan kadang kalau lagi banyak di supermarket bisa kena discount yang menurut saya tetep saja harganya mahal mengingat ukuran ikan Haring tersebut tidak begitu besar kalau di Indonesia menyerupai ikan asin peda tapi lebih panjang dan pipih tidak segemuk ikan peda.
    Sekarang saya menjadi pecandu ikan  haring tersebut walaupun harganya cukup mahal tapi memang rasanya lezat dan tidak sepanjang tahun kita bisa membeli ikan Haring dalam kwalitas yang segar jadi tak apalah mengeluarkan sedikit harga lebih karna hanya dalam bulan tertentu saja saya membeli ikan Haring tersebut selebihnya kalau bulan panennya sudah tidak musim lagi saya tidak pernah membelinya karena kemungkinan besar ikannya dipanen di lemari es bukan dari laut.
    Jadi siapa yang mau mengunjungi Belanda dan mau merasakan lezatnya ikan mentah Haring tersebut dalam kondisi segar maka datanglah di musim panas sekitar bulan Juni, Juli, Agustus dijamin kedai Haring mudah didapat karena kedai Haring tersebut setelah musimnya berlalu maka dengan sendirinya akan menghilang alias tidak  ada. Selamat mencoba.

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • - Copyright © 2013 Cek Harga Hamster Kucing Ikan Sugarglider Anjing - K-ON!! - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -