• Posted by : Guppy Sabtu, 08 Maret 2014

    Puntius denisonii
    Puntius denisonii
    Puntius denisonii merupakan spesies ikan yang cukup terkenal di kalangan penghobi ikan hias, terutama para aquascaper, karena ikan ini dapat ditempatkan di dalam aquarium yang berisi berbagai macam tanaman air. Ikan ini juga seringkali dijuluki dengan sebutan ikan torpedo karena bentuk tubuhnya yang mirip torpedo. Puntius denisonii berasal dari India, tepatnya di sungai-sungai sekitar Kerala, India Selatan. Ikan ini termasuk ke dalam jenis Puntius, atau sering juga disebut sebagai Barb/Barbus.

    Deskripsi Spesies

    Puntius denisonii memiliki bentuk tubuh panjang dan lancip seperti torpedo, dengan sisik yang berwarna perak. Ciri khas lainnya ialah adanya garis merah dari mulut melewati matanya hingga ke tengah-tengah tubuh. Selain itu, ada garis hitam yang melintang di tengah-tengah tubuhnya, tepat di bawah garis merah itu. Tidak seperti garis merah yang hanya melintasi sebagian tubuhnya, garis hitam ini ada dari ujung ke ujung. Setelah dewasa, ikan ini akan memiliki warna hijau/biru di bagian kepalanya. Ukuran maksimum ikan ini setelah dewasa adalah sekitar 15 cm.
    Berikut ini adalah klasifikasi ilmiah ikan Puntius denisonii:
    KingdomAnimalia
    FilumChordata
    KelasActinopterygii
    OrdoCypriniformes
    FamiliCyprinidae
    GenusPuntius
    SpesiesPuntius denisonii

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • - Copyright © 2013 Cek Harga Hamster Kucing Ikan Sugarglider Anjing - K-ON!! - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -